Tips Cara Merawat Burung 'KACER' Yang Sedang Mabung/ Ngurak

Advertisement
Advertisement
Tips Cara Merawat Burung 'KACER' Yang Sedang Mabung/ Ngurak - Kacer merupakan salah satu jenis burung yang sangat diminati oleh para pecinta burung kicauan. Namun dalam merawat kacer sobat juga harus tahu apa yang harus dilakukan ketika burung kacermu sedang mabung. Mabung atau proses ganti bulu/ moulting bisa dibilang merupakan masa istirahat bagi burung dan unggas lainnya. Selama mabung, burung akan mengurangi berbagai aktivitasnya termasuk berkicau. Kesalahan dalam menangani burung mabung bisa memunclkan berbagai masalah,di antaranya adalah stress.

Bagi kacer mania yang mungkin tergolong pemula mungkin akan sedikit sulit dan kebingungan dengan cara merawat kacer yang sedang mabung. Namun kacer mania berpengalaman, hal ini bisa dibilang sangatlah mudah untuk mengatasinya, maka dari itu buat kacer mania pemula butuh waktu, sehingga dengan prosesnya akan mendapatkan banyak hal yang berharga, terutama ilmu dan pengalaman. Pada saat burung kacer mabung, sobat harus memberi perawatan extra agar proses mabung berjalan dengan baik dari awal sampai dengan akhir.

Durasi mabung pada setiap burung bervariatif, antara dua sampai empat bulan. Dalam beberapa kasus, kadang kala mabung bisa sampai enam bulan. Kacer mania harus tahu terlebih dahulu tanda-tanda kacer mengalami masa mabung, sehingga untuk mengatasinya bisa lebih mudah. Dibawah beberapa ciri burung kacer yang sedang dalam proses mabung.
- Kacer lebih malas untuk berkicau.
- Burung tidak bersemangat.
- Bulu – bulu halus kacer mulai rontok.
- Bulu tampak lebih kusam.

http://kicau17.blogspot.com/2016/09/tips-cara-merawat-burung-kacer-yang.html
Tips Cara Merawat Burung 'KACER' Yang Sedang Mabung/ Ngurak 

Adapun langkah-langkah untuk perawatan Kacer Mabung dapat Anda lakukan sebagaimana berikut:

Jangan dulu dijemur

Alasan burung Kacer tidak boleh terkena sinar matahari ialah karena sinar matahari langsung bisa membuat bulu burung Kacer mabung menjadi segar kembali sehingga akan mengganggu proses mabung. Untuk itu, jika tidak sedang terjadi masalah seperti Kacer yang kurang sehat, burung Kacer mabung sebaiknya tidak dijemur.

Jangan dimandikan dulu

Burung Kacer mabung juga sebaiknya tidak dimandikan. Sama seperti sinar matahari, air hanya bisa membuat bulu burung Kacer menjadi segar kembali sehingga proses mabung menjadi terganggu. Dan meskipun ada banyak orang yang tetap memandikan Kacernya selama mabung dan tidak terjadi masalah, itu hanya kasuistik dan kasusnya sedikit. Karenanya, untuk lebih berhati-hati, sebaiknya burung Kacer tidak dimandikan selama mabung. Sebab dikhawatirkan nasib Anda kurang mujur sehingga burung menjadi macet mabung total. Jika ini yang terjadi, maka masalah Anda akan bertambah dan Anda pun tidak akan bisa main Kacer ke lapangan karena harus menunggu
proses mabung pada Kacer Anda.

Takaran Pakan EF

Selama burung Kacer mengalami mabung, sebaiknya pemberian EF dihentikan dan pemberian baru dilakukan setelah bulu-bulu mulai tumbuh. Namun jika Anda kurang merasa yakin dan kasihan, sebaiknya porsinya ditambah sedikit. Hal ini mengingat kebutuhan Kacer yang sangat tinggi terhadap nutrisi selama mabung.

EF di sini bukan hanya berupa jangkrik namu semua jenis makanan hidup seperti kroto. Kroto ini sangat dibutuhkan oleh Kacer yang mengalami mabung sebab pakan ini merupakan sumber nutrisi yang paling tinggi dan terlengkap. Karenanya, paling tidak tiga kali sehari Anda bisa memberikan kroto ini pada burung Kacer yang sedang mabung. Namun pastikan, kroto yang akan Anda berikan adalah kroto yang masih segar, bukan kroto yang sudah basi atau hasil kulkasan yang telah berhari-hari lamanya.

Full kerodong

Kacer yang mengalami mabung atau molting harus diistirahatkan dengan baik supaya ia tidak mengalami gangguan yang pada akhirnya bisa mengganggu proses mabung dan jatuh bulu. Untuk itu, Anda bisa menggantungnya di sebuah ruangan sambil difull kerodong. Full kerodong disini dimaksudkan agar burung Kacer benar-benar bisa istirahat total dan tidak mendapatkan gangguan dari lingkungan sekitar.

Selama Anda melakukan full kerodong, Anda tidak disarankan untuk benar-benar full kerodong selama burung mengalami mabung. Paling tidak setiap dua hari sekali, Anda disarankan untuk membuka kerodong burung Kacer lalu menaruhnya di teras rumah atau di bawah pohon. Selanjutnya, diangin-anginkan burung selama beberapa menit lalu dikerodong lagi dan dimasukkan ke dalam rumah. Namun pastikan, tempat tersebut tidak sedang terkena sinar matahari langsung karena burung Kacer yang mabung tidak boleh terkena sinar matahari.

Itulah bahasan tentang Tips Cara Merawat Burung 'KACER' Yang Sedang Mabung/ Ngurak yang dpt disampaikan. Semoga bermanfaat & semoga sukses.!

Advertisement