Ciri Perbedaan Pleci Jantan Dan Betina Yang Akurat

Advertisement
Advertisement
Ciri Perbedaan Pleci Jantan Dan Betina Yang Akurat- Burung pleci di alam liar normalnya selalu hidup bergerombol dengan kelompoknya. Dan pada saat memasuki musim kawin, maka burung pleci akan membangun sarang di pohon dan burung ini akan bertelur 2-4 butir dengan telur yang berwarna biru pucat. Burung pleci akhir-akhir ini menjadi idola baru para penggemar burung berkicau. Selain karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan, burung mungil ini memiliki nyanyian yang cukup merdu dan indah di dengar. Para Plecimania tentunya ingin memelihara pleci jantan untuk dijadikan calon gacoannya karena sudah tentu jenis burung pleci jantan merupakan pilihan yang tepat dibandingkan dengan yang betina.

Membedakan jantan serta betina benar-benar dianggap sulit buat orang yang belum mengetahui kiat akurat membedakan kelamin pleci, hal ini dikarenakan pleci atau kacamata merupakan jenis burung monomorphic, bentuk, warna, dan struktur sama. Walaupun ada juga ciri-ciri yang jelas hanya dimiliki burung pleci jantan dan juga ciri yang hanya dimiliki burung pleci betina. Namun Meskipun sulit untuk membandingkan jenis kelamin pleci melalui fisiknya, tapi masih ada beberapa cara yang bisa dijadikan acuan dalam membedakannya. Salah satu cara tersebut adalah dengan mengamati suara kicauannya, apabila dalam waktu yang singkat pleci sudah buka paruh dengan suara ngeriwik, maka bisa dikatakan berkelamin jantan. Akan tetapi jika burung kacamata ini tak kunjung ngriwik, maka bisa dipastikan bahwa burung tersebut merupakan Pleci betina.

http://kicau17.blogspot.com/2016/03/ciri-perbedaan-pleci-jantan-dan-betina.html
Ciri Perbedaan Pleci Jantan Dan Betina Yang Akurat

Ada lagi para plecimania yang menentukan jenis kelamin jantan atau betina dilihat dari segi tingkah laku / prilakunya burung dan suaranya saat sedang berkicau. Akan tetapi cara ini juga hanya orang-orang tertentu yang dapat memahaminya, sedangkan untuk yang masih awam atau pemula maka akan sangat sulit. Untuk itu kami di sini akan memberikan beberapa tips cara membedakan pleci jantan dan betina.

 Berikut kita simak Ciri Perbedaan Pleci Jantan Dan Betina Yang Akurat :


 Ciri-ciri burung pleci jantan:

1.  Kepala cenderung lebih besar dan bulat.
2.  Paruh cenderung pendek.
3.  Warna bulu lebih tajam.
4.  Klep mata putus-putus dan tebal bagian bawah.
5.  Bodi/badan cenderung lebih panjang.
6.  Pen/dubur lebih panjang dan banyak ditumbuhi bulu.
7.  Secara umum ekor lebih panjang dengan ujung berbentuk huruf “V” atau lancip di ujung.

Ciri-ciri burung pleci betina:

1.  Ekor relatif pendek dan bagian ujung rata.
2.  Pen/dubur lebih kecil dan hanya ditumbuhi sedikit bulu.
3.  Kepala cenderung lebih kecil.
4.  Paruh relatif panjang.
5.  Warna bulu cenderung kusam.
6.  Klep mata bulat tebal tanpa putus.
7.  Bodi/tubuh cendrerung lebih pendek dan bulat.

Selain melihat ciri dari fisik burung, pengamatan bisa dilakukan dengan membandingkan perilaku saat di dalam sangkar dan dimandikan. Berikut cara untuk melihat jenis kelamin burung Pleci Dakun Macok & Maput, Auriventer, Buxtoni, Montanus, Dakun Bali, dan Dahi Hitam antara si jantan dan betina dengan mengamati perilaku.

Tingkah Laku Pleci Jantan

1. Pleci berkelamin jantan akan bergerak lebih lincah dan agresif dari pada betina.

2. Apabila saat disemprot air (dimandikan), pupil matanya akan mengecil dan bulu dibagian kepalanya akan nampak seperti jambul.

Tingkah Laku Pleci Betina

1. Cenderung lebih pendiam jika dibandingkan dengan jantan yang lincah dan agresif.

2. Saat dimandikan pada umumya bulu kepala tidak akan terlihat seperti jambul.

Dengan dua metode yang saya berikan di atas, sekarang Anda sudah bisa membedakan jenis kelamin burung Pleci dengan mudah. Meskipun akurasinya tidak tepat seratus persen, namun tips diatas tadi telah banyak diakui dan dijadikan sebagai perbandingan yang sering digunakan oleh Pleman.

Demikian Ciri Perbedaan Pleci Jantan Dan Betina Yang Akurat. Semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr wb.

Advertisement