Cara Alami Mengobati Pleci Yang Bersuara Serak

Advertisement
Advertisement
Burung pleci merupakan salah satu jenis burung yang biasa hidup berkoloni mirip seperti burung gereja. Burung ini sering disebut sebagai burung kacamata karena burung kecil yang imut ini memiliki lingkaran putih di sekitar mata yang menyerupai kacamata. Meski bertubuh mungil namun memiliki suara kicau yang tak kalah merdunya dengan suara kicauan jenis burung lainnya. Apalagi kalau sudah mampu ngalas, ngeroll keras dan buka paruh (tidak serak), maka Anda akan terpesona saat mendengar dan melihatnya.

Nama pleci kacamata berasal dari keluarga Zosterops yaitu merupakan suatu marga yang mencirikan burung kacamata dan dikenal memiliki jumlah anggota terbesar. Saat ini burung pleci tengah menjadi primadona di kalangan pencinta burung kicauan, selain dari keindahan suara dan gaya, mungkin juga karena banyaknya kontes burung pleci yang diselenggarakan diberbagai daerah, baik yang berskala lokal maupun nasional, ditambah dengan harga bahan/bakalan yang relative murah dan mudah di dapat.

Seperti yang telah dikatakan diatas, burung pleci yang memiliki suara keras dan tidak serak pasti akan enak didengar saat sedangberkicau, tapi sebaliknya jika pleci suaranya serak tentu akan membuat kicauannya menjadi tidak jelas kedengarannya. Maka dari itu ketika burung pleci peliharaan kita suaranya sedang serak maka kita harus segera mengobati atau memberikan perawatan khusus agar kondisi burung tidak menjadi lebih parah, karena Penyebab pleci bersuara serak pada umumnya karena adanya luka/infeksi pada tenggorokan.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengobati burung pleci yang sedang bersuara serak, seperti membeli obat di pet shop. tapi alangkah lebih baik jika kita membuat ramuan obat sendiri di rumah secara tradisional. Selain dari bahan-bahan yang alami, ramuan ini juga memiliki khasiat yang baik dan sangat aman bagi burung pleci peliharaan Anda.

Cara Alami Mengobati Pleci Yang Bersuara Serak



1.Rebus beberapa lembar daun saga dengan air 2 gelas dan tambahkan 2 sendok gula. Tunggu hingga mendidih, angkat dan saring rebusan tersebut. Biarkan dingin, setelah dingin taruh pada cepuk kecil (agar air tersebut tidak digunakan burung untuk mandi). Berikan untuk minum burung sampai tanda-tanda serak mulai menghilang.

2.Gunakan air larutan penyegar rasa buah. Berikan air larutan tersebut untuk minum burung (ingat, taruh pada cepuk yang kecil). Pemberian dilakukan sampai suara serak hilang.

3.Gunakn air teh manis yang hangat. Taruh air teh pada cepuk kecil dan berikan pada burung hingga tanda-tanda suara seraknya hilang.

http://kicau17.blogspot.com/2016/03/cara-alami-mengobati-pleci-yang.html

Demikian Cara Alami Mengobati Pleci Yang Bersuara Serak. Semoga bermanfaat bagi Anda Plecimania yang kebetulan pleci jagoannya sedang mempunyai masalah yang sama. Semoga Berhasil & Sallam Pleman.

Advertisement