Cara Memoles Pleci Untuk Lomba Agar Tampil Maksimal

Advertisement
Advertisement
Cara Memoles Pleci Untuk Lomba Agar Tampil Maksimal - Burung Pleci, termasuk salah satu burung yang mudah ditemui karena habitatnya nyaris ada di seluruh wilayah nusantara, bahkan sampai ke sejumlah negara Asean, walaupun postur tubuhnya kecil tetapi memiliki kualitas suara yang bagus tidak kalah dengan kualitas suara burung-burung besar lainnya apalagi kalau sudah buka paruh dan suaranya bisa lantang nembak-nembak. Namun tahukah Anda bahwa merawat burung pleci ternyata tidak sesederhana yang dibayangkan banyak orang. Karena banyak pecinta burung pleci atau kacamata yang merasa kecewa saat pleci jagoannya tidak mau tampil mempesona saat sedang diikut sertakan dalam setiap even perlombaan.

Perawatan pleci, khususnya untuk dilombakan, tentu membutuhkan beberapa faktor pendukung dan langkah–langkah yang tepat dalam perawatan harian maupun stelan lomba, karena kita perlu menaikan birahinya agar mau bongkar isian saat dilombakan sesuai dengan kapasitas terbaik dari pleci itu sendiri. Jangan sampai burung jagoan kita yang tadinya sangat rajin berkicau dan bersuara keras saat dirumah, namun hanya mampu loncat-loncat di tenggeran dalam sangkar sewaktu di tempat lomba. Jadi Bagaimana cara membuat pleci agar tampil mempesona saat lomba? Berikut tips perawatan yang bisa anda berikan pada pleci jagoan anda sebelum mengikuti kontes/perlombaan:

Cara Memoles Pleci Untuk Lomba Agar Tampil Maksimal

 

Mandi malam

Lakukan pemandian pleci pada malam hari, waktu memandikan antara jam 7-9 malam. Cara memandikan adalah dengan menyemprotkan air menggunakan sprayer sampai burung basah kuyup, atur sprayer agar air yang keluar halus.

Setelah proses memandikan, burung di beri makan 2 sendok teh kroto dan 3 UH (ulat hongkong) yang berwarna putih. Lalu diangin-anginkan pada tempat/ruangan yang terang kurang lebih 1 jam. Setelah diangin-anginkan dan bulu mulai terlihat kering, burung dikerodong sampai pagi.

Perawatan pada waktu pagi hari

Pada pukul 5.30 kerodong dibuka dan angin-anginkan pleci di teras. Kemudian pukul 7 burung dimandikan seperti saat memandikan pada malam hari diatas dan berikan juga EF kroto sebanyak 2 sendok teh serta 3 ulat hongkong.

Tips saat di arena lomba

Saat sedang dilapangan perlombaan sebelum digantang, buka kerodong pleci kurang lebih 15 sampai 30 menit. Setelah itu, burung dikerodong kembali.

5 menit saat perlombaan belum dimulai bersihkan dasar sangkar dari sisa makanan dan ambil pula tempat makan dan minuman dari kandang untuk menghindari pleci makan saat sedang digantang.

Rawatan harian pleci

Untuk perawatan ada baiknya dalam mandikan pleci 3kali sehari dengan cara disemprot halus yaitu pagi, sore, dan malam hari. Berikan juga kroto dan UH pada pagi hari dengan porsi sama seperti saat perawatan diatas.

Lakukan penjemuran pleci secara rutin setiap pagi selama 15-30 menit saja, berikan juga buah-buahan segar seperti pisang, papaya, sawo, dan lain-lain.

http://kicau17.blogspot.com/2016/03/cara-memoles-pleci-untuk-lomba-agar.html
Cara Memoles Pleci Untuk Lomba Agar Tampil Maksimal

Itulah tips Cara Memoles Pleci Untuk Lomba Agar Tampil Maksimal yang bisa sobat plecimania lakukan pada saat pleci anda akan di ikut sertakan dalam perlombaan agar bisa tampil maksimal dan mempesona.Semoga bermanfaat dan sukses. wassalamualaikum ww.

Advertisement