Cara Melatih Mental Jawara Murai Batu Bakalan Untuk Lomba

Advertisement
Advertisement
Cara Melatih Mental Jawara Murai Batu Bakalan Untuk Lomba. Burung murai batu merupakan jenis burung yang memiliki suara kicau yang sangat merdu, dan termasuk jenis burung yang sangat banyak di sukai oleh para kicau mania. Bentuk postur fisik yang sangat gagah tentunya menambah kualitas dari burung kicauan yang satu ini. Burung murai batu agar cepat gacor/rajin berbunyi tentunya perlu perawatan secara harian-mingguan atau bahkan bulanan. perawatan burung murai batu ini sangat penting untuk menunjang kualitas suara dan daya tempurnya. Ekor yang panjang dari burung ini akan berdiri tegak apabila burung sedang berkicau atau merasa kaget.

http://kicau17.blogspot.com/2016/03/cara-melatih-mental-jawara-murai-batu.html
Cara Melatih Mental Jawara Murai Batu Bakalan
Memiliki burung murai yang kuat mentalnya saat dipertemukan dengan lawan tentu menjadi suatu kebanggan bagi pemiliknya. Burung yang kuat mental tarungnya tentu tidak terjadi begitu saja, namun kita perlu melatih mental murai bakalan terbentuk. perawatan burung murai batu ini sangat penting untuk menunjang kualitas dan daya tempurnya dalam arena kontes. Berikut Cara Melatih Mental Jawara Murai Batu Bakalan Untuk Lomba:

1. Idealnya pelatihan ini selesai setelah murai batu memasuki masa mabung kedua (Lama sekali waktunya??, yah begitulah resiko yang harus kita jalani).

2. Setelah murai batu muda memasuki masa mabung kedua perbanyaklah perbendaharaan suaranya dengan cara rajin memaster dengan ragam suara burung lain.

3. Sebelumnya anda memerlukan 2-4 Murai Batu lain yang sudah mapan dalam bertarung sebagai pancingan bagi Murai Batu yang bermental down. Anda dapat meminta bantuan teman untuk memakai Murai Batu miliknya demi kesuksesan teknik ini, jika dalam hal ini anda hanya punya satu Murai
Batu.

4. Kita misalkan saja ada 3 Murai Batu lain yang terkumpul. Maka ketiga Murai Batu tersebut letakkan di lantai (tidak di gantung) dengan jarak 4-6 meter satu sama lain. Tak terkecuali juga dengan Murai Batu anda yang bermental lemah, beri jarak 4-6 meter dengan Murai Batu yang lain.

5. Buka Kerodong ketiga Murai Batu yang sudah mapan tersebut, biarkan mereka bertarung untuk menunjukkan kicauannya masing-masing. Sementara Murai Batu anda masih tetap berkerodong full dalam sangkar.

6. Suara kicauan ketiga Murai Batu dimaksudkan untuk memancing mental Murai Batu yang lemah agar berkicau. Apabila Murai Batu dalam Kerodong tadi bisa terpancing biarkan beberapa saat seperti itu, tidak perlu terburu-buru untuk membuka kerodongnya.

7. Tanda-tanda Murai Batu sudah mulai panas ditandai dengan Kicauan Murai Batu akan semakin kuat dan lancar, pada posisi ini anda boleh membuka separuh kerodongnya sangkar.

8. Nah, nanti ketika Murai Batu sudah mengintip-mengintip melihat lawannya di luar, bukalah Kerodong secara full dengan batas waktu 30 detik saja, setelah itu tutup kembali.

9. Biar kan Murai Batu kembali dengan full kerodong selama 10-15 menit. Setelah itu, masih dengan semangat tarungnya yang naik, buka kembali Kerodong secara penuh, buka selama 30 detik, terus tutup lagi. Dan bawa kandang menjauh dari keramaian Murai Batu lainnya, biarkan berkicau sendiri.

Itulah Cara Melatih Mental Jawara Murai Batu Bakalan Untuk Lomba. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!! Wassallam,wr,wb..

Advertisement