Macam Jenis Murai Batu Lengkap Dengan Gambarnya

Advertisement
Advertisement
Macam Jenis Murai Batu Lengkap Dengan Gambarnya- Burung Murai batu atau white rumped shama (Copsychus malabaricus) adalah burung berkicau yang cukup populer di Indonesia yang termasuk ke dalam family Turdidae. Berbagai macam jenis burung murai batu yang terkenal di indonesia ,mulai dari murai batu medan, murai batu kalimantan, murai batu borneo, murai batu air dan lain sebagainya yang semakin menarik perhatian bagi peminatnya. Popularitas burung ini terlihat dari berbagai penyelenggaraan kontes burung peliharaan. Kelas burung murai batu selalu menjadi kelas paling bergengsi.

Besarnya hadiah kontes berdampak langsung pada harga burung murai batu. Di pasaran, seekor burung murai batu sangat bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Ceritanya lain lagi bila si burung jadi langganan juara. Di sini berlaku prestasi menentukan harga, memang cukup tepat bagi semua kalangan yang berminat untuk membeli jenis burung kicau ini. Murai batu sangat beragam jenisnya, di Indonesia ada terdapat 6 jenis burung murai batu yang populer, diantaranya :

1. Murai Batu Medan

http://kicau17.blogspot.com/2016/03/macam-jenis-murai-batu-lengkap-dengan.html
Murai Batu Medan
Jenis burung ini merupakan jenis burung yang mempunyai kicauan yang sangat baik dibandingkan dengan burung murai batu lainnya. Burung jenis ini memiliki badan yang lebih besar dengan ekornya yang panjang sekitar 27 sampai 30 cm.

 2. Murai Batu Jambi

Murai Batu Jambi



Jenis burung ini memiliki penampilan yang bisa dibilang mirip dengan burung murai batu lampung, hanya saja murai jambi memiliki badan yang lebih kecil dan ekornya yang lurus tertata rapih.

 3. Murai batu Nias

Murai Batu Nias
Jenis burung ini merupakan jenis yang mempunyai tingkat kecerdasan lebih tinggi dibandingkan dengan burung murai lainnya. Dan burung ini sangat cepat dalam meniru suara burung lain disekitarnya. Dan kelebihan lainnya adalah burung ini tidak mudah stress saat dipindahkan ke kandang lainnya atu juga dibawa bepergian. Ciri khas dari burung ini adalah seluruh ekornya berwarna hitam polos.

4. Murai Batu Aceh

Murai Batu Aceh
Burung jenis ini sudah masuk kepada daftar burung yang dilindungi. Burung jenis ini terkenal dengan kecantikannya dan ekor panjangnya yang berwarna 2 lapis.

5. Murai Batu Borneo

Murai Batu Borneo
Sebenarnya banyak jenis dari Murai Batu Borneo, tetapi yang umum dikenal adalah Murai Batu Banjar, Murai Batu Palangka, dan Murai Batu Mahkota. Ketiganya memiliki daerah penyebaran yang berbeda-beda.

6. Murai Batu Jawa (Larwo)

Murai Batu Jawa (Larwo)
Banyak yang bilang bahwa burung larwo ini tidak termasuk jenis murai batu, tetapi pada kenyataannya burung ini masih masuk dalam keluarga Copsychus, yang berarti masih termasuk keluarga Murai Batu.

7. Murai batu Lampung

Murai Batu Lampung Super
Burung ini tidak memiliki ekor yang cukup panjang, panjangnya hanya sekitar 15 sampai 20 cm. dan banyak yang mengatakan bahwa populasi dari burung ini terancam punah di alam liar. Dan harga jenis burung inipun semakin naik. 
Demikian Macam Jenis Murai Batu Lengkap Dengan Gambarnya. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan bagi para pembaca, khususnya kicau mania yang penasaran atau ingin tahu informasi seputar murai batu. Semoga bermanfaat dan semoga sukses. Wassalamu'alaikum wr wb..

Advertisement