Cara Mengatasi Kebotakan Pada Murai Batu

Advertisement
Advertisement
Cara Mengatasi Kebotakan Pada Murai Batu - Burung Murai Batu merupakan burung primadona bagi para pecinta burung ocehan di Indonesia dan di luar negeri seperti Malaysia, Filipina, Thailand, dan masih banyak lagi.Betapa tidak, karena burung murai batu terlihat sangat gagah saat berdiri tegak dengan dada busung dan ekor yang melengkung. Dan akan lebih mempesona ketika berkicau dan gacor. MB juga tipe jenis burung yang mudah untuk dilatih atau cepat jinak kepada pemiliknya dan mempunyai kicauan yang merdu yang sulit ditandingi oleh burung ocehan jenis lainnya.

Namun kegagahan Murai batu tersebut akan hilang seketika jika pada bulu dadanya mengalami kebotakan alias tidak ada bulunya. Tentu ini akan mengurangi penampilan MB kesayangan anda. Jadi murai batu sangat membutuhkan bulu-bulu tersebut untuk menunjang penampilannya agar terkesan gagah saat Ia berkicau. Akan tetapi, ada saatnya dimana burung ini akan mengalami masa kerontokan atau kebotokan bulu. Penyebab kerontokan pada MB Yang pertama adalah saat mabung, dan yang kedua adalah karena infeksi jamur. Jika penyebabnya adalah mabung, maka itu bukanlah masalah bagi burung tersebut. Namun, jika kebotokan tersebut disebabkan karena jamur, maka Anda harus segera melakukan penanganan dengan cepat.

Kebotakan pada Murai Batu yang disebabkan karena jamur yang menutupi pori-pori kulitnya, ketika di awal kebotakan, kulit dada MB masih terlihat lembab. Namun jika sudah berlangsung lama, kulit dada MB akan mengering dan kasar. Dan jika ini dibiarkan terus, maka bisa menjalar ke bagian lain seperti bagian tubuh bawah dan paha. Lalu, bagaimana cara mengatasi dan menangani masalah ini? Berikut ini Ada beberapa metode yang sudah terkenal ampuh untuk mengatasi masalah kebotakan pada Murai Batu, sedangkan bahan yang digunakan dalam metode ini adalah kunyit dan daun sirih. Dan Untuk menerapkan metode ini, ada beberapa cara yang harus Anda lakukan seperti:

Tips Cara Mengatasi Kebotakan Pada Murai Batu

1.Membersihkan jamur

Cara pertama untuk mengatasi kebotakan pada Murai batu adalah dengan membersihkan jamur yang bersarang di tubuh Murai. Untuk melakukannya Anda bisa menggunakan obat khusus, sedangkan untuk nama obatnya sendiri adalah Freshhave. Anda bisa menggunakan 5 gram Freshhave dan mencampurkannya dengan 1 liter air hangat, setelah tercampur Anda bisa mengaduk keduanya agar benar-benar tercampur dengan baik. Setelah itu Anda bisa menyemprotkan larutan ini pada bagian tubuh Murai yang mengalami kebotakan, setelah itu tunggu hingga satu hari.

2.Mengusap kulit Murai yang botak

Setelah satu hari, Anda bisa melanjutkan proses berikutnya. Proses tersebut adalah proses pengangkatan jamur, sedangkan caranya adalah dengan mengusap-usapkan kulit Murai yang botak tersebut sampai jamurnya benar-benar terlepas. Untuk melakukannya Anda bisa menggunakan tangan Anda sendiri, hanya saja sebelum menyentuh bagian tubuh yang botak tersebut sebaiknya Anda harus mencelupkan tangan Anda kedalam air hangat untuk mensterilkan dan mempermudah prosesnya.

3.Melakukan terapi kunyit dan sirih

Cara mengatasi kebotakan Murai Batu berikutnya adalah dengan menggunakan daun sirih dan kunyit. Caranya adalah dengan mengoleskan daun sirih dan kunyit yang sudah dihaluskan pada tubuh Murai. Perlu Anda ingat, pastikan seluruh tubuh terolesi secara merata dari ujung kaki hingga ujung kepala. Selain itu Anda juga harus melakukan terapi ini selama 3 hari berturut-turut,baru setelah 3 hari Anda bisa membersihkan sisa kunyit dan daun sirih tersebut. Bahan-bahan ini akan membasmi jamur yang menempel dan melekat ditubuh burung, selain itu bahan ini juga akam mempercepat pertumbuhan bulu burung.

http://kicau17.blogspot.com/2016/03/cara-mengatasi-kebotakan-pada-murai-batu.html
Cara Mengatasi Kebotakan Pada Murai Batu

Sedangkan untuk mencegah kebotakan pada Murai Batu, sebaiknya Anda berikan asupan nutrisi yang baik pada burung ini. Jika sudah timbul kerontokan, maka sebaiknya Anda segera melakukan tindakan penanganan dan memberikan asupan protein yang cukup. Tujuannya agar bulu yang rontok tidak terlalu banyak dan bulu pun cepat untuk tumbuh kembali. Memberikan vitamin juga efektif dalam mengatasi kebotakan ini.

Demikian ulasan tentang Cara Mengatasi Kebotakan Pada Murai Batu. Semoga bermanfaat & Sallam MBmania.

Advertisement