Ini Dia Tips Jitu Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Advertisement
Advertisement
Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina - Burung Lovebird dengan kata lain si burung cinta ini sedang in di kalangan penggemar burung kicauan. Burung mungil yang berbobot kira-kira 50-65 gr/ekor ini punya daya pikat sendiri dibanding burung hias yang lain. Kelakuannya menggemaskan dari sama-sama menyuapi, mencari kutu, tidur sama-sama berpelukan hingga bekerja bersama sama bikin sarang. Bahkan juga saat pasangannya mati, si burung tak kan ingin dipasangkan dengan burung lain selama-lamanya.

Burung Lovebird di kenal sebagai burung yang pintar menirukan nada jenis burung lain. Baik jantan serta betina biasanya bersuara keras dengan durasi nada kira-kira 1/2 menit. Tetapi, sampai kini banyak peternak lovebird susah membedakan lovebird jantan serta betina. Nah, berikut kicau17 kali ini mungkin bisa membantu breeder pemula yang ingin kawin mengawinkan lovebirdnya tetapi masih bingung bedain antara jenis kelamin yang betina sama yang jantan karena jangan heran walaupun sesama jenis lovebird bisa saling bermesraan, makanya untuk yang jantan sama jantan walaupun udah dikasih gelodok dikandang perjodohkan tetapi masih gak bertelor dan untuk yang betina sama betina biasanya jadinya bertelor tapi isinya zonk alias kosong. Sebaiknya jangan sampai lewatkan juga Perawatan Lovebird Biar Ngekek Panjang dan Rajin.

http://kicau17.blogspot.com/2016/05/ini-dia-tips-jitu-cara-membedakan.html
Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Adapun cara-cara tersebut yang tak lain dan tak bukan adalah dengan mengamati ciri dari tingkah laku atau kebiasaannya, misalkan perilaku saat bertengger lovebrid betina atau ketika sedang membangun sarang. Untuk lebih lengkapnya lagi mari kita simak beberapa rangkuman informasi yang telah saya sajikan di bawah ini.


Ini Dia Tips Jitu Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina



1. Warna Lovebird jantan lebih terang daripada lovebird betina. Namun warna bulu juga tergantung pada makanan, iklim, dan variasi geografis.

2. Lovebird betina cenderung memiliki tubuh yang kekar dan lebih berat. Namun kriteria ini tidak mutlak sifatnya.

3. Bentuk ekor Lovebird betina lebih rata dibandingkan Lovebird jantan yang agak meruncing.

4. Lovebird betina sering bertengger dengan jarak antarkaki lebih lebar dibandingkan lovebird jantan.

5. Lovebird memiliki dua tulang pubis (supit urang) pada bagian pinggulnya. Pada musim berkembang biak, tulang pubis Lovebird betina menjadi lebih elastis dan jarak antara kedua tulang pubis tersebut melebar karena pengaruh hormon. Keadaan tersebut dapat dirasakan dengan rabaan tangan. Pada Lovebird jantan, jarak antara dua tulang pubis tersebut sempit. Teknik perabaan ini hanya dapat digunakan bila kegiatan seksual Lovebird betina aktif.

6. Kegiatan membangun sarang lebih intensif dilakukan oleh Lovebird betina ketimbang jantan. Lovebird betina akan mengambil serutan kayu dan mengumpulkannya untuk membuat sarang, sedangkan Lovebird jantan menyuapi Lovebird betina. Namun ada juga Lovebird jantan yang aktif mengumpulkan bahan sarang.

Keterangan
Keterangan diatas hanya patokan untuk anda yang ingin membedakan mana lovebird jantan dan betina,tetapi tidaklah mutlak kebenarannya,Meskipun akurasi tidak bisa 100% benar, akan tetapi secara umum bisa di gunakan sebagai acuan untuk memperkirakan jantan atau betina pada burung lovebird.Namun jika ingin memastikannya anda dapat mencoba metode lain untuk mengetahui jenis kelamin dari lovebird yaitu dengan menguji DNA yang dapat diperoleh dari darah atau bulu burung. Setelah DNA diekstrak dengan larutan tertentu dan proses lebih lanjut, hasilnya akan dipotret dengan Polaroid. Apabila dalam foto tersebut terlihat dua pita maka lovebird tersebut dapat dipastikan berkelamin betina. Namun jika terlihat hanya satu pita, lovebird itu bisa dipastikan jantan. 


Advertisement