Inilah Tips Agar Membuat Kacer Ngobra Buka Ekor

Advertisement
Advertisement
Burung Kacer atau poci memang menjadi idola di kalangan kicaumania Indonesia dan termasuk dari burung anggota family Turdidae, tapi aneh kalau disebut sebagai padanan murai, sebab keduanya saling berdekatan, sifatnyapun hampir sama suka pamer diri pada sebangsanya. Burung yang satu ini jika berkicau sambil menari-nari dengan melebarkan ekornya hingga berbentuk seperti kipas. Maka dari itu harga burung kacer masih tetap stabil di angka yang cukup lumayan mahal.

Kacer banyak ditemukan di daerah jawa timur, namun secara luas penyebarannya burung yang juga dijuluki Kucica ini sebenarnya sangat luas, yaitu sebagian besar di Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera dan Bali bahkan di beberapa negara seperti China, Filipina dan di India pun ada. Burung kacer sendiri termasuk jenis burung kicauan yang banyak dijadikan sebagai salah satu burung kontes di nusantara ,ia memiliki kualitas suara kicauan yang baik dan indah. Apalagi saat burung ini bertemu dengan lawannya. Saat itu ia akan benar-benar bersemangat dan berkicau dengan indah.

Gaya paling Eksotik bagi burung kacer adalah ketika mengeluarkan suara- suara merdu isian disertai dengan tarian ngobra pada saat diadu, Penilaian juri sangatlah mutlak pada burung jenis kacer yang mampu mengeluarkan tarian ngobra pada saat berkicau. Burung Kacer yang sudah dapat mengeluar tarian buka ekor mirip dengan ular kobra biasanya memiliki usia yang sudah cukup dewasa yaitu usianya kurang lebih sekitar 1 1/2 tahun keatas. Namun jika kacer yang masih bakalan tentunya harus melewati beberapa proses tahapan terlebih dahulu diantaranya seperti proses menghilangkan trotol, proses ngriwik, Proses ngeplong gacor setelah itu barulah burung dapat secara full mampu mengeluarkan suara dan tarian buka ekor. Jangan sampai lewatkan juga tentang Cara Jitu Mengatasi Kacer Yang Over Birahi.

http://kicau17.blogspot.com/2016/05/inilah-tips-agar-membuat-kacer-ngobra.html
Inilah Tips Agar Membuat Kacer Ngobra Buka Ekor


Untuk kacer yang sudah memiliki cukup umur tapi belum ngeplong dan buka ekor berarti masih terdapat pola perawatan yang salah pada burung. Tentu tidak hanya burung kacer saja, Semua burung jika ingin tampil maksimal memang perlu perawatan yang benar. Maka dari itu disini akan memberikan tips cara agar membuat burung kacer ngobra.

Inilah Tips Agar Membuat Kacer Ngobra Buka Ekor


Kebersihan Sangkar

Kebersihan Sangkar, Kebersihan sangkar sangatlah penting bagi kesehatan burung, Sangkar yang bersih dapat menghindarkan burung dari berbagai macam penyakit. Burung yang sakit tentu tidak dapat tampil maksimal dan menghambat proses buka ekor.

Proses Penjinakan

Proses Penjinakan Kacer, Proses tersebut memang diperlukan agar Anda dapat dengan mudah melakukan perawatan harian, Walaupun sebagian kicau mania memiliki pemikiran kacer yang dibuat untuk kontes biasanya tidak boleh terlalu jinak. Namun untuk sebagian pemula memiliki burung yang jinak tentu akan mempermudah perawatan seperti proses memandikan burung dengan cara pengebakan dengan karamba. Proses penjinakan burung pertama kali dapat dilakukan dengan cara memandikan burung dengan cara disemprot.

Mandi Bak Karamba

Mandi Bak Karamba, Proses pemandian burung secara teratur membuat tubuh lebih segar, mandi secara  rutin juga dapat membuat burung lebih cepat berbunyi. Prosses memandikan burung dapat dilakukan 2x sehari yaitu dipagi hari setelah pengembunan dan disore hari.

Pemberian Pakan yang Bernutrisi

Pemberian Pakan Harian yang Bernutrisi, Pemberian pakan yang terpenting selain voer yang tepat adalah pemberian extra fooding. Pakan tambahan tersebut memang sangat diperlukan agar burung mendapatkan kandungan protein yang tinggi. EF dapat dan meningkat hormon sehingga burung akan rajin untuk berbunyi. Anda dapat memberikan jangkrik atau kroto.

Proses Pengembunan

Proses Pengembunan, Seperti burung dialam liar burung hasil tangkaranpun akan sangat senang berkicau dipagi hari. Udara dipagi hari dapat membantu burung lebih mudah mengontrol suhu badan sehingga pernapasannya pun akan lebih bagus dibandingkan burung yang tidak pernah diembunkan.

Proses Penjemuran

Proses Penjemuran, Penjemuran memang sangat diperlukan oleh semua jenis burung agar cepat berkicau. Lakukan penjemuran minimal 2 jam sehari dan itu dilakukan pada pagi hari. Perhatikan juga durasi penjemuran, Penjemuran yang berlebihan juga tidak bagus bagi burung tapi penjemuran yang kurang juga tidak akan memberikan efek yang nyata pada burung.

Proses Pelatihan

Proses Pelatihan, Dalam melakukan proses pelatihan Anda dapat mengadu kacer yang Anda miliki dengan burung lain. Coba terlebih dahulu satu lawan satu, Jika dirasa burung yang Anda miliki sudah mulai terbiasa diadu Anda dapat sering membawa jalan jalan melatih burung dengan mengikutkan event lomba latber didaerah Anda.

Proses Mastering Burung

Proses Mastering Burung, Jika burung Anda ingin dilirik oleh juri selain dari gaya tarung ngobra burung Anda juga harus memiliki suara isian yang mewah. Pendapat suara isian yang mewah memang berbeda beda namun usahan cari suara mastering yang memliki speed yang cepat dan suara yang kasar, Karena untuk tren isian saat ini adalah volume yang kasar dengan speed yang cepat.

Proses Pengumbaran

Proses Polier, Langkah terakhir adalah proses polier atau kandang umbaran dapat membantu burung menjaga stamina, Untuk lebih jelasnya silahkan disimak Manfaat Kandang Umbaran Bagi Burung. Lakukan proses umbaran 2-3 kali dalam satu minggu dan Anda dapat melihat hasilnya setelah kurang lebih 1 bulan. Burung kacer milik Anda insyaalloh akan lebih rajin berkicau, memiliki suara yang lebih keras dan panjang.

Cara Membuat Kacer Ngobra memang tidak dapat dilakukan dengan cara yang cepat, Anda dapat mempraktekan tips diatas dan melakukan dengan sepenuh hati serta penuh dengan kesabaran Serta bertawwaqalah kepada ALLAH SWT. 


Advertisement